Anak usia dini tunanetra mampu menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Dilihat dari penorehan prestasi anak usia dini tunanetra di SLB Negeri Karangrejo Magetan banyak yang mampu bersaing dengan anak-anak normal lainnya seperti, hafalan surah pendek, lomba bernyanyi dan lain sebagainya. Subjek penelitiannya adalah orang tua anak usia dini tunanetra, sedangkan objeknya adalah peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak usia dini tunanetra. Penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana peran orang tua mengenai  penyesuaian diri anak usia dini tunanetra di kecamatan Karangrejo Magetan. Penelitian ini mendeskripsikan peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak usia dini tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Datanya diambil dari observasi kepada anak usia dini tunanetra dan wawancara secara langsung kepada orang tuanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman bagaimana peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak usia dini tunanetra telah dimiliki, sehingga anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan secara bertahap. Dilihat dari segi sosial ada yang memanjakan anaknya (tunanetra) karena kekhawatiran yang berlebih akan kondisi anaknya ketika di ejek atau mendapat kesulitan lainnya. Ada pula yang membebaskan anak bereksplorasi, bergaul dengan orang-orang di lingkungannya dan tetap dalam pengawasan orang tua.
Copyrights © 2023