Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PERAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SD KELAS TINGGI ERA SOCIETY 5.0

Salsa Dilah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Dalam melakukan pemerataan, program pemerintah mencanangkan era society 5.0. Era society 5.0 ini dicetuskan oleh pemerintah Jepang dengan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Diluncurkannya era society 5.0 ini menjadi peluang dan tantangan untuk masyarakat khususnya siswa dalam meningkatkan keterampilan belajar sebagai modal untuk masa mendatang. Perlunya siswa menghadapi tantangan era society 5.0 ini, maka siswa harus menerapkan pembelajaran IPA berbasis HOTS (higher order thinking skills), yang merupakan proses berfikir siswa dengan level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep taksonomi pembelajaran seperti taksonomi Bloom, taksonomi pembelajaran, pengajaran dan penilaian. Tujuan dari siswa menerapkan HOTS, yaitu agar meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis pada level yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Hasilnya dengan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS di SD kelas tinggi melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah sendiri dengan pengetahuan yang dimiliki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...