Dalam melakukan pemerataan, program pemerintah mencanangkan era society 5.0. Era society 5.0 ini dicetuskan oleh pemerintah Jepang dengan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Diluncurkannya era society 5.0 ini menjadi peluang dan tantangan untuk masyarakat khususnya siswa dalam meningkatkan keterampilan belajar sebagai modal untuk masa mendatang. Perlunya siswa menghadapi tantangan era society 5.0 ini, maka siswa harus menerapkan pembelajaran IPA berbasis HOTS (higher order thinking skills), yang merupakan proses berfikir siswa dengan level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep taksonomi pembelajaran seperti taksonomi Bloom, taksonomi pembelajaran, pengajaran dan penilaian. Tujuan dari siswa menerapkan HOTS, yaitu agar meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis pada level yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Hasilnya dengan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS di SD kelas tinggi melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah sendiri dengan pengetahuan yang dimiliki.
Copyrights © 2023