Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 6 No. 2 (2023): Agustus

Pemanfaatan Media Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia

Ni Kadek Suarmini (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Gede Nurjaya (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Perubahan paradigma pembelajaran yang terjadi menyebabkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya konsentrasi dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 37 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pelaksanaan pemanfaatan media Wordwall yang dilakukan guru dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif. Respons peserta didik tentang pemanfaatan media Wordwall pada kegiatan penutup pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif, dan rata-rata nilai tingkat kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi teks iklan memanfaatkan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia dengan presentase 80,54% dan 84,05% memiliki kategori baik. Media Wordwall dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, media Wordwall juga dapat membantu pendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sehingga berjalan dengan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...