Perubahan paradigma pembelajaran yang terjadi menyebabkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya konsentrasi dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 37 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pelaksanaan pemanfaatan media Wordwall yang dilakukan guru dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif. Respons peserta didik tentang pemanfaatan media Wordwall pada kegiatan penutup pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif, dan rata-rata nilai tingkat kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi teks iklan memanfaatkan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia dengan presentase 80,54% dan 84,05% memiliki kategori baik. Media Wordwall dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, media Wordwall juga dapat membantu pendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sehingga berjalan dengan efektif.
Copyrights © 2023