Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 6 No. 2 (2023): Agustus

Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Question Box dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar

Ni Komang Arista Cahyani (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Gusti Ngurah Sastra Agustika (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Pembelajaran yang kurang inovatif dapat menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga hal tersebut berdampak pada kompetensi pengetahuan matematika yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar sebanyak 190 siswa. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa metode tes, yaitu tes objektif bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan matematika yang dianalisis menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung sama dengan 6,406 pada taraf signifikansi 5% dan dk sama dengan 65 menunjukkan ttabel sama dengan 1,997. Oleh karena itu, thitung 6,406 lebih dari ttabel 1,997 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...