Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 2 (2023): (In Press)

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Kunpar kabupaten Sijunjung

Moh Rosyid Mahmudi (Universitas Dharmas Indonesia)
Rauldatul Husni (Universitas Dharmas Indonesia)
Engla Fitri Jayanti (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi canva. Media ini bertujuan untuk mengubah suasan belajar menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa bisa termotivasi dalam belajar dan meningkatkan minat belajar siswa . Penelitian ini memakai jenis Research and Develepment (R&D) model ADDIE ini mempunya 5 bagian yang saling berhubungan dengan yang lainnya yaitu: Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu validitas, praktikalitas dan efektifitas. Teknik analisis yag digunakan menggunakan validitas, praktikalitas dan efektivitas. Berdasarkan pengembangan yang dilakukan terhadap video animasis berbasis aplikasi canvapada materi ajar ekosistem kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Kunpar. Dapat disimpulkan bahwa validasi media pembelajaran video animasi dari validasi bahasa memperoleh persentase 96,7% dengan kategori sangat valid. Hasil validate media memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat valid. Dan materi memperoleh persentase 83,4% dengan kategorid valid. 2) Praktikalitas yang dinilai dari hasil angket dari aspek respon guru memperoleh persentase 93,4% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan angket respon siswa dengan hasil 93,4% dikategorikan sangat praktis, praktisi DRM dengan hasil90% dengan kategori sangat praktik, dan praktisi FA dengan hasil 96,7% dikategorikan sangat praktis.Efektifitas video animasi berbasi aplikasi canva materi ekosistem dapat dilihat dari hasil akhir belajar 27 orang siswa yaitu 22 orang siswa dinyatakan tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas

Copyrights © 2023