Salah satu kunci sukses dalam membangun e-commerce yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya adalah dengan mengetahui kebutuhan pengguna itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi toko online berbasis website yang dapat meningkatkan user experience, khususnya pada perusahaan Jaya Utama Bearing yang bergerak di bidang penjualan barang industri dan sparepart automative agar memiliki infomasi produk yang detail dan jelas, konsumen mudah melakukan transaksi secara online, memiliki desain visual yang menarik, dan mempermudah perusahaan dalam mengelola dan menyimpan laporan penjualan. Berdasarkan hasil wawancara kepada 30 customer dengan menggunakan User Experience Questionnaire ditemukan bahwa pada website sebelumnya untuk faktor daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan memiliki hasil below average bahkan bad sehingga menyebabkan penurunan pendapatan akibat loyalitas konsumen menghilang. Dalam merancang bangun e-commerce ini menggunakan metode System Development Life Cycle dengan model Waterfall yang terdiri atas lima tahap yakni communication, planning, modelling, construction, dan deployment. Hasil dari penelitian ini adalah adanya fitur katalog yang dapat difilter berdasarkan kategori sehingga dapat menampilkan informasi produk secara detail, fitur pembelian produk, fitur chat untuk mengakomodasi pertanyaan pelanggan sebelum membeli, fitur review atau feedback setelah transaksi pembelian, dan fitur pencatatan laporan penjualan. Peneliti juga melakukan perbandingan website sebelum dan sesudah menggunakan UEQ dengan 30 responden yang sama, dimana terlihat bahwa nilai untuk ke enam faktor mengalami peningkatkan yang sebelumnya below average menjadi above average dan bad menjadi good.
Copyrights © 2023