Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 10, No 2 (2023)

DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SECARA MANDIRI DALAM PERKULIAHAN JARAK JAUH (DARING) DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNISMUH MAKASSAR

Irwan, Anggriana (Unknown)
Aulia, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan metode pembelajaran pendidikan di Indonesia. Demi mengoptimalkan terlaksananya pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan “Belajar dari Rumah”. Belajar dari Rumah atau pembelajaran daring merupakan solusi untuk menjawab permasalahan pendidikan di tengah pandemi covid-19 sehingga proses belajar mengajar tetap terlaksana walaupun secara jarak jauh. Selama pengimplementasian pembelajaran daring ini terbilang belum efektif karena tidak semua mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik. Hal ini ditandai banyaknya masalah yang dihadapi saat pembelajaran jarak jauh seperti, metode pembelajaran daring yang sulit dipahami, penjelasan dosen yang kurang jelas,  jaringan tidak mendukung, serta fasilitas pembelajaran daring yang tidak memadai. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar terhadap mata kuliah pengantar akuntansi I II dan mengetahui masalah yang dihadapi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu, metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, menyebarkan kuesioner pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar. Sampel penelitan ini adalah mahasiswa angkatan 2020 dengan jumlah 230 responden.  Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Covid-19 berdampak terhadap implementasi pembelajaran mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2020. Mengakibatkan rendahnya tingkat pemahaman mahasiswa sehingga mahasiswa belum mampu mengaplikasikan ilmu pengantar akuntansi padahal ilmu pengantar akuntansi adalah ilmu dasar yang wajib dimiliki mahasiswa agar mampu melanjutkan pembelajaran ilmu akuntansi lanjutan.

Copyrights © 2023