Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar melalui Metode PBL pada Mata Pelajaran Matematika

siti Rukoyah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Dyah Worowirastri Ekowati (Universitas Muhammadiyah Malang)
Eka Wahyuningtyas (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas 1 SDN Kebonwaris 1 Pandaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Pengumpulan data melalui tes untuk mendapatkan data hasil belajar peserta didik, sedangkan pengumpulan data melalui observasi untuk mendapatkan data aktivitas peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Problem Base Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dari siklus I peserta didik yang tuntas mencapai 51,45%, sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas mencapai 84%, Begitu pula dengan aktivitas peserta didik, terjadi perubahan yang positif pada sikapnya dalam proses pembelajaran melalui metode Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...