Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 4 (2023): Journal on Teacher Education

Upaya Meningkatkan Self-Confident Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Nusantara Banten melalui Bermain Futsal

Muhamad Hanif Ramadhan (Universitas Bina Bangsa)
Amat Hidayat (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi permainan futsal untuk meningkatkan Self-Confident anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Nusantara Banten. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk membandingkan hasil pada siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self-Confident melalui kegiatan permainan futsal meningkat dengan baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan setiap siklus penelitian, yang mana hasil perolehan pada pra siklus sebesar 46.30%, siklus I sebesar 62.85% dan Pada siklus II percaya diri mencapai 82.52%. Berdasarkan hasil yang ditemukan implikasi dalam penelitian ini adalah permainan futsal dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan untuk meningkatkan Self-Confident anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...