Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Analisis Content Knowledge Guru Biologi SMAN di Kabupaten Lebak-Banten Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan

Maya Rahayu (Universitas Bina Bangsa)
Amat Hidayat (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Seorang guru wajib menguasai content materi yang akan diberikan pada peserta didik agar tidak terjadi miskonsepsi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan content knowledge guru biologi di SMAN di wilayah Lebak-Banten. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluru guru biologi di SMAN wlayah Lebak-Banten. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling. Data diperoleh melalui butir soal dan angket latar belakang pendidikan. analisis data menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis butir soal tes diperoleh rata-rata content knowledge guru latar belakang non pendidikan sebesar 60 dan guru latar belakang pendidikan biologi sebesar 54. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh nilai signifikansi 0.372 lebih besar dari taraf signifikansi 0.05 (0.372>0.05). artinya tidak terdapat perbedaan yang nyata dan tidak ada pengaruh antara latar belakang pendidikan dengan kemampuan content knowledge guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...