Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik melalui Metode Loose Part pada Siswa Kelompok A

Elis Mayasari (STKIP Situs Banten)
Amat Hidayat (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik melalui metode Loose parts pada siswa kelompok A KB Istiqomah Teluknaga Tangerang. Batas waktu penyidikan adalah 5 hari. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus untuk mencapai tujuan tersebut. Tingkat penguasaan bakat anak pada siklus I khusus 5 anak/12 anak sebesar 41,6% dan 7 anak mencapai 58,40%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 9 siswa atau 75% dari 12 siswa, dan jumlah siswa yang gagal sebanyak 3 siswa atau 25% dari 12 siswa. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode Loose parts dapat mengembangkan kemampuan berpikir simbolik siswa Kelompok A Istiqomah KB Teluknaga Tangerang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...