JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 2 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 2 Agustus

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Muhamad Risky Ardiansyah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Redo Martila Ruli (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Indrie Noor Aini (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan 6 dari 30 siswa kelas X IPA 3 dengan masing-masing 2 orang siswa mewakili kriteria kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan literasi matematis, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan oleh peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa, (1)  siswa dengan kriteria kemandirian belajar tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah. (2) Siswa dengan kriteria kemandirian belajar sedang memenuhi keempat indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. (3) Siswa dengan kriteria kemandirian belajar rendah memenuhi keempat indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah Kata Kunci: Kemampuan literasi matematis, kemandirian belajar, soal PISA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...