Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan 6 dari 30 siswa kelas X IPA 3 dengan masing-masing 2 orang siswa mewakili kriteria kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan literasi matematis, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan oleh peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa, (1)  siswa dengan kriteria kemandirian belajar tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah. (2) Siswa dengan kriteria kemandirian belajar sedang memenuhi keempat indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. (3) Siswa dengan kriteria kemandirian belajar rendah memenuhi keempat indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah Kata Kunci: Kemampuan literasi matematis, kemandirian belajar, soal PISA.
Copyrights © 2023