Kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 373 siswa dan terbagi menjadi 11 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Perolehan data hasil tes pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t (independent samples t-test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Pada hasil analisis ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja dengan  sebesar 3,101 dan  sebesar 1,668 . Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Pembelajaran Matematika
Copyrights © 2023