JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 2 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 2 Agustus

PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP

Kadek Winda Pramitha Adi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Putu Suharta (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gede Suweken (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 373 siswa dan terbagi menjadi 11 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Perolehan data hasil tes pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t (independent samples t-test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Pada hasil analisis ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja dengan  sebesar 3,101 dan  sebesar 1,668 . Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...