Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022

PENGARUH TRANSFER PRICING TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE (2018-2020)

Cut Fitrika Syawalina (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Irmawati Irmawati (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Reni Julia (Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

Untuk meminimalkan beban pajak, perusahaan biasanya akan berusaha mengurangi biaya pajak untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Beberapa praktik penghindaran pajak yang dapat dilakukan adalah melalui praktik transfer pricing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh transfer pricing terhadap penghindaran pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah transfer pricing. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak yang diukur menggunakan effective tax rate (ETR). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan sub sektor farmasi berdasarkan kriteria. Data yang digunakan berupa data sekunder dari http://www.idx.co.id periode 2018-2020. Metode analisis data menggunakan persamaan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer pricing berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada periode 2018-2020.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada ...