Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
Vol 11, No 2 (2021): Edisi Januari - Juni 2021

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG KAJIAN TEORI PERILAKU KONSUMEN DALAM ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Seri Murni (UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

Samsung merupakan merek smartphone yang paling banyak diminati oleh konsumen di Indonesia dilihat berdasarkan hasil riset penyedia berita global. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya faktor merek, harga dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ketiga faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian handphone Samsung pada Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data. Metode pengambilan sampel yaitu Accident Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yaitu Mahasiswa/i yang berada di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas dengan model penelitian Regresi Linear Berganda menggunakan alat bantu SPSS 16. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel merek, harga dan kualitas produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel harga, kualitas produk dan merek juga mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 45,3% dan sisanya sebesar 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian. Jadi semakin sesuai harga dengan manfaat, kualitas produk yang bagus dan merek yang baik maka akan semakin meningkatkan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada ...