Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
Vol 12, No 2 (2022): Edisi Juli - Desember 2022

POTENSI EKONOMI KREATIF BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI ACEH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Seri Murni (UIN Ar-Raniry)
Rini Khairuni (UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Ekonomi kreatif saat ini terus dikembangkan seiring dengan banyaknya inisiatif dari kelompok masyarakat untuk menciptakan sebuah produk atau karya yang bernilai. Namun, inilah yang menjadi kendala bagi ekonomi kreatif di Aceh yaitu perkembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi masihmengalami kendala seperti rendahnya penguasaan IPTEK serta latar belakang pendidikan dan pengalaman yang masih kurang memadai.Penelitian ekonomi kreatif ini dilakukan guna untuk melihat seperti apa potensi ekonomi kreatif jika berbasis teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi Aceh dengan melihat dari segi perspektif ekonomi Islam. Penelitian kualitatif ini menggunakan data primer dengan metode wawancara sehingga hasilnya menunjukan bahwa ekonomi kreatif berbasis teknologi di Aceh memiliki potensi yang bagus untuk berkembang karena masyarakat telah berlomba-lomba menciptakan usaha kreatif dengan memproduksi beragam produk unik dan menarik mulai dari barang-barang kebutuhan sehari-hari sampai makanan yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik. Potensi ini ternyata telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan dibantu oleh kemudahan teknologi. Contohnya sebagian masyarakat menggunakan teknologi untuk memasarkan produk via online diantaranya melalui instagram, e-commerce, facebook, dan media sosial lainnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada ...