PRIMARY EDUCATION JOURNAL SILAMPARI
Vol 5 No 2 (2023): Primary Education Journal Silampari (PEJS)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDEKATAN PEMBELAJARAN PMRI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA SDN TEMUAN SARI

Dina Romadon (Universitas PGRI Silampari)
Aswarliansyah Aswarliansyah (Universitas PGRI Silampari)
Nur Fitriyana (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Temuan Sari setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) secara signifikan tuntas. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas IV SD Negeri Temuan Sari dan sebagai sampel kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan data hasil belajar setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yaitu rata-rata sebesar 79,62 dan jumlah yang tuntas mencapai 92,31%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 8,72 ttabel 1,71 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Temuan Sari setelah penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) secara signifikan tuntas Kata Kunci: Kontekstual, PMRI, Matematika, Pecahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PEJS

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Primary Education Journal Silampari adalah jurnal ilmiah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang diterbitkan LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau. Primary Education Journal Silampari (PEJS) memiliki ISSN 2654-6272 (Print) yang mulai digunakan pada terbitan Volume 1 Nomor 1 Juni 2019. Jurnal ini bertujuan ...