Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Orientasi Pasar (X1), Orientasi Kewirausahaan (X2) dan Strategi Bersaing (X3) serta pengaruhnya terhadap Kinerja Penjualan (Y) pada usaha rumahan Kerajinan Rotan di Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh produsen kerajinan rotan yang ada di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden yang merupakan produsen Kerajinan Rotan yang diambil dengan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei eksplanatori. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Dalam analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F dengan menggunakan tools SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel orientasi pasar, strategi bersaing dan kinerja penjualan memiliki kategorisasi jawaban cukup, sedangkan orientasi kewirausahaan adalah jawaban setuju. Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja penjualan t hitung (11,258) > t tabel (2,0106), tidak ada pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja penjualan t hitung (1,919) t tabel (2,0106) dan pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan strategi bersaing terhadap kinerja penjualan dan f hitung (61,767) > F tabel (2,81). Kesimpulan dari semua variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap variabel dependen secara simultan, sedangkan orientasi pasar dan strategi bersaing berpengaruh
Copyrights © 2023