Perkembangan anak adalah segala perubahan yang terjadi pada anak, dilihat dari berbagai aspek, antara lain aspek fisik (motorik), emosi, kognitif, dan psikososial. Perkembangan motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, dan otak. Secara umum perkembangan motorik bisa dibagi menjadi dua, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Sedangkan perkembangan kognitif anak mengacu pada proses mengingat, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Perkembangan kognitif dimaksudkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca indera. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif anak ditinjau dari beberapa literature. Penelitian dilakukan dengan metode studi literature. Pencarian sumber literatur data base yang relevan menggunakan Google Scholar dan Garuda dengan menggunakan kata kunci: “Faktor Perkembangan†+ “Perkembangan Motorik†+ “Perkembangan Kognititf†+ “Pada Anakâ€. Pencarian artikel tersebut disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan analisis population, intervensi, conclution, and output (PICO). Skrining didapatkan artikel sebanyak 359 dan yang digunakan 5 artikel sesuai dengan kriteria. Hasil studi literature didapatkan bahwa faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif pada anak yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Cara untuk mangatasi keterlambatan perkembangan motorik dan perkembangan kognitif dengan mengajak anak keluar ruangan dan memperhatikan sekitar, mengajak menggambar, dan mengajak bermain. Kesimpulan faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif anak antara lain faktor aktivitas fisik, faktor gangguan saraf motorik, faktor keturunan (orang tua) dan faktor kebebasan berfikir.
Copyrights © 2023