JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Perkembangan Peserta Didik pada Masa Remaja Akhir

Rahmatullah Akbar (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Tri Mulya Budi Ongkai (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Ermis Suryana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Perkembangan peserta didik tidak lepas dari hakikat perkembangan manusia itu sendiri. Manusia ialah makhluk ciptaan Allah SWT yang di dalam diri individu terdapat tiga unsur, yakni jasadiyah, aqliyah, dan ruhiyah. Perkembangan manusia merupakan suatu perubahan kontinuitas yang dialami oleh suatu individu dalam proses menuju kedewasaan yang terjadi secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Perkembangan manusia dimulai dari masa konsepsi, bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga masa tua. Remaja akhir ialah masa perubahan dari fase remaja ke fase dewasa, hal tersebut merupakan proses yang cukup lama dimana ditunjukkan pada saat individu menginjak umur 17-22 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, studi literatur. Artikel ini membahas tentang hakikat masa remaja akhir, sifat dan sikap masa remaja akhir, ciri-ciri masa remaja akhir, tugas perkembangan masa remaja akhir, perkembangan remaja akhir, dan implikasi dalam bidang pendidikan perkembangan masa remaja akhir.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...