Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter pada nilai nasioanalisme siswa. Secara garis besar sudah tertanam didalam jiwanya sehingga keperdulian dan pemahaman mengenai pentingnya penerapana nilai bangsa ini harus terpenuhi dengan pengelolaan yang baik melalui manajemen partisipatif orang tua oleh Lembaga, sehingga karakter anak tidak hanya didukung oleh Lembaga dalam mengenal nilai nasionalisme tetapi didukung oleh lingkungan keluarga yakni oleh orang tua. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan kajian literatur. Teknik pengamatan yang digunakan adalah pengamatan partisipasi orang tua oleh Lembaga Literatur yang menjadi bahan pengumpulan data adalah literatur dari jurnal dan buku serta wawancara dilakukan dengan sumber utama yakni kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pastisipatif yang diimplementasikan dengan orang tua membawa dampak pada peningkatan karakter anak, peningkatan nilai nasionalisme melalului nilai-nilai yang ditanamakan dan digabungkan dengan pembelajaran yang akan digunakan sehingga para pendidik aktif memahami dan menciptakan kegiatan yang mendukung nilai nasionalisme melalui orang tua, kegiatan sekolah yang bertujuan pembentukan karakter nasionalisme pada SMA Bani Hasyim Singosari Malang.
Copyrights © 2023