JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka

Chairus Suriyati (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
Muhammad Dhobit Azhary Lubis (Universitas Haji Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara sangat berperan penting bagi kehidupan bangsa dalam menyikapi zaman yang terus berkembang karena nilai–nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat dikembangkan beriringan dengan kehidupan bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan studi pustaka, peneliti menetapkan tema atau topik penelitiannya yang mana peneliti melakukan kajian teori yang berkaitan dengan topik penelitian. Peneliti akan mencari dan mengumpulkan informasi yang dapat diperoleh dari buku, majalah, jurnal dan hasil penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum merdeka yaitu melalui karakteristik profil pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia selaku pelajar selama hayat yang mempunyai kompetensi global serta berperilaku cocok dengan nilai- nilai Pancasila, terdapat 6 karakteristik utama dalam Pelajar Pancasila yaitu: 1) Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, 2) Kreatif, 3) Gotong Royong, 4) Berkebinekaan Global, 5) Bernalar Kritis, 6) Mandiri. Dengan demikian penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulim merdeka diapliaksikan pada pelajar Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...