JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Komunikasi Politik Anggota DPRD Provinsi Sul-Sel pada Pemilu 2019 (Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Kampanye Politik)

Muh. Rezky Z (Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia)
Andi Alimuddin Unde (Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia)
Muliadi Mau (Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam kampanye politik anggota DPRD Provinsi Sul-Sel pada PEMILU 2019. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Secara spesifik, penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian riset lapangan. Pendekataan ini digunakan untuk mendapakatkan hasil riset yang bersifat deskriptif. Dalam hal ini dimaksudkan ialah berupaya mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat komunikasi politik dan hal-hal yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung ialah hadirnya media sosial sebagai instrument penyampaian pesan dan posisinya yang berstatus petahana (incumbent). Adapun faktor penghambat ialah para pemilih yang sangat pragmatis dan stigma negatif yang dilekatkan Masyarakat kepada para politisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...