Journal of Community Empowerment and Innovation
Vol 2 No 3 (2023)

MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI DESCRIPTIVE TEXT DI KELAS 5 SD NEGERI 122377 PEMATANGSIANTAR

Reni Rumanti Silaen (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Ikke Seventiana (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Carolina Fransiska Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Dony Wira Simbolon (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Marusaha Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Sahat Maruli Lumban Tobing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Herman Herman (Pendidikan, Pengajaran, Linguistik, Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Binsar Tison Gultom (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Benjamin Albert Simamora (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Observasi ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas V di SD Negeri 122377 Pematangsiantar melalui penerapan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan dalam pengumpulan data dengan melibatkan observasi, diskusi, dan penilaian terhadap kemampuan kosakata siswa sebelum dan setelah intervensi berupa pengajaran menggunakan Description Text. Observasi dilaksanakan dengan peserta didik kelas V sebagai subjek penelitian. Tim menggunakan pendekatan yang mengutamakan pemahaman konten teks dan diskusi interaktif. Setelah periode intervensi, dilakukan evaluasi kemampuan kosakata siswa melalui tes. Hasil observasi menunjukkan bahwa metode deskriptif efektif dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas V. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode deskriptif dengan pendekatan berbasis teks dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa di tingkat dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Fokus kajian JOIN (Journal of Community Empowerment and Innovation) adalah pada daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kerjasama antar pemerintah desa, kapasitas organisasi perempuan, kreativitas dan inovasi teknologi informasi dalam pendidikan dan ...