Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Srimulyo setelah diterapkan model pembelajaran Inside Outside Circle secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV berjumlah 17 siswa. Instrumen data diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk uraian yang berjumlah 7 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji “Z”. Berdasarkan uji hipotesis kemudian Zhitung dikonsultasikan dengan Ztabel pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05sehingga diperoleh Zhitung = 2,1 dan nilai Ztabel = 1,64. Maka maka Zhitung = 2,1 > Ztabel = 1,64 dengan hal ini maka Ho ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media diorama berbasis saintifik dapat menuntaskan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Srimulyo.
Copyrights © 2023