cover
Contact Name
Agung Nugroho
Contact Email
lp3mkil2021@gmail.com
Phone
+6282279491880
Journal Mail Official
lp3mkil2021@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Linggau Journal Science Education (LJSE)
Published by LP3MKIL
ISSN : 27982149     EISSN : 27981479     DOI : https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3
Core Subject : Education,
Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research results of each author is a teaching material as well as a reference for making scientific work that will always be updated in line with developments in science and practice. That way more and more will be helped by the results of our research, so that the knowledge we get can be useful for the wider world of education.
Articles 51 Documents
Modul Menulis Teks Iklan Berbasis Kontekstual (Pengembangan Bahan Ajar dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau) Fitria Rizki; Y Satinem; Agung Nugroho
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.651 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model bahan ajar menulis iklan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas VIII SMP Negeri H Wukirsari. Jenis penelitiannya adalah Research and Development. Sampel kelas VIII.b yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner/angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan skala likert, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan yaitu validasi desain tergolong dalam kategori baik dengan persentase 80,77%. Hasil validasi kebahasaan tergolong dalam kategori baik dengan persentase 75,00%. Hasil validasi materi kategori sangat baik dengan persentase 95,83%. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket dari tim ahli, modul menulis teks iklan berbasis kontekstual tergolong dalam kategori sangat baik dengan pesersetansi 84.03%, artinya modul menulis teks iklan berbasis kontekstual telah valid dan bisa digunakan
Hubungan Sarana Prasarana Olahraga terhadap Minat Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK N 03 Kota Lubuklinggau Muhammad Supriyadi
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.05 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari pengamatan yang penulis lakukan, ternyata rendahnya motivasi siswa terhadap Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMK N 03 Kota Lubuklinggau. Banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah sarana prasarana dan minat belajar siswa Di SMK N 03 Kota Lubuklinggau. Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMK N 03 Kota Lubuklinggau.Jenis penelitian adalah korelasi product moment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N 03 Kota Lubuklinggau yang berjumlah : 354 Siswa tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling proposi yang dipakai sebesar 10% pada siswa SMK N 03 Kota Lubuklinggau ( Suharsismi Arikunto, 1998:120), yaitu sebanyak : 35 siswa. Untuk memperoleh data dilakukan Kuesioner ( angket ) kedua variable. Data dianalisis dengan korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, terdapat hubungan yang signifikan antara “sarana prasarana olahraga dengan minat siswa”. Ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh = 1,98 > = 1,70, dengan kontribusinya 9,99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima karena sarana prasarana olahraga dapat mempengaruhi minat siswa. Disarankan kepada pihak sekolah agar melengkapi sarana prasarana olahraga, dan kepada guru Penjasorkes hendaknya memberikan pembelajaran yang bervariasi kepada anak didiknya, agar minat siwa untuk belajar penjasorkes lebih meningkat.
Kesadaran Digital Sebagai Pengembangan Karakter Kebangsaan Di Abad 21 Yusuf Siswantara
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.093 KB)

Abstract

Peradaban menuntut penyesuaian karakter generasi bangsa. Dunia digital dalam revolusi industri 4.0 di abad 21 menuntut kompetensi yang relevan. Hoax dan relativitas kebenaran menjadi tantangan bangsa sebab rupanya mampu menghadirkan potensi disintegrasi masyarakat atau bangsa. Dengan metode literatur review, penelitian ini melakukan studi awal tentang fenomena digital dalam kaitannya dengan karakter kebangsaan. Kesadaran digital merupakan karakter khas abad 21 dengan mengedepankan kesadaran kritis dan kompetensi literasi data, teknologi, dan humanitas. Hasil yang ditawarkan adalah bahwa kesadaran digital mampu mengembangkan karakter kebangsaan dalam dunia digital di abad 21. Kata Kunci: Digital, Karakter, kebangsaan, abad 21
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Gambar Siswa Kelas III SD Negeri 39 Lubuklinggau Maryani
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.273 KB)

Abstract

Laporan Perbaikan Pembelajaran ini berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan Media Gambar di kelas III SD Negeri 39 Lubuklinggau. Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Apakah hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 39 Lubuklinggau dapat ditingkatkan dengan menggunakan Media Gambar?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 39 Lubuklinggau dengan menggunakan Media Gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diawali oleh data pratindakan dan dua kali pelaksanaan siklus penelitian. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 39 Lubuklinggau dapat ditingkatkan dengan menggunakan Media Gambar. Keadaan sebelum perbaikan pembelajaran, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau memperoleh nilai ≥ 70 baru mencapai 8 orang (23.39%), pada siklus I yang mencapai ketuntasan belajar 25 orang (73.39%) dan pada siklus II tingkat ketuntasan mencapai 32 orang (94.12%). Maka pelaksanaan pembelajaran Matematika ini sudah dapat dikatakan berhasil karena sudah memenuhi syarat ketuntasan minimal klasikal yaitu 85% siswa yang mencapai nilai ≥ 70 Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Media Gambar.
Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Melalui Pembelajaran Daring Siswa Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau Mujiyem
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.972 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran Daring pada siswa Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan, pratindakan, siklus I dan Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui keaktifan belajar siswa kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau melalui Media Gambar cukup aktif. Pada saat pratindakan minat belajar siswa rendah dimana sebanyak 24 siswa (70,59%) tidak aktif. Siswa yang mempunyai minat tinggi sebesar 4 siswa (11,76%). Setelah perbaikan pembelajaran siklus I telah terjadi peningkatan jumlah siswa yang minat belajarnya tinggi sebanyak 12 atau jika dipersentasekan sebesar 35,29% dengan penurunan jumlah siswa yang tidak aktif yaitu 13 orang (38,24%). Sedangkan dari siklus I ke siklus II siswa yang aktif tinggi meningkat menjadi 28 dan jika dipersentasekan sebesar 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui pembelajaran Daring hasil belajar IPS Siswa Kelas I SD Negeri 53 dapat meningkat. Kata kunci: Hasil belajar, IPS, pembelajaran daring.
Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Globalisasi Melalui Metode Group Investigation Siswa Kelas VI SD Negeri 31 Lubuklinggau Rukiah
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.118 KB)

Abstract

Laporan Perbaikan Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Group Investigation. latar belakang dari rendahnya minat belajar siswa dalam memahami Globalisasi dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami perubahan sifat benda, dimana hasil nilai siswa masih dibawah standar KKM ≥70. Penelitian terdiri dari 3 siklus yaitu pra siklus pada tanggal 5 Januari 2021, Siklus I pada tanggal 12 Januari 2021, dan siklus 2 pada tanggak 19 Januari 2021. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 31 Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2021 dengan subjek pelaku tindakan adalah guru dan subjek penerima tindakan adalah 19 siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS dalam memahami globalisasi, pada penelitian ini setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, saat pra siklus hasil belajar siswa hanya mencapai 21,05%, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 57,89% dan pada siklus kedua naik menjadi 89,47 %. Secara statistik terdapat peningkatan hasil belajar IPS pada saat pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dalam memahami Globalisasi di SD Negeri 31 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2021. Kata Kunci: Metode Group Investigation, Hasil Belajar, IPS, Globalisasi
Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Group sebagai Bentuk Pembelajaran Promosi Produk Kewirausahaan berbasis Online bagi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Seluma Rosnelly
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.177 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial whatsApp group sebagai bentuk pembelajaran promosi produk kewirausaan berbasis online bagi siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1Seluma.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dalam bentuk survei, yaitu penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Seluma dintaranya dalam mempersiapkan berbagai peralatan tulis, dan buku modul sebelum pembelajaran dimulai, aktivitas dalam pembelajaran banyak dilakukan siswa di kelas dengan memperhatikan penjelasan guru tentang teori kewirausahaan dan bagaimana usaha saat ini berbasis online bisa melalui Whatshap atau media promo online yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa aktivita siswa dalam pembelajaran kewirausahaan sangat tergantung dari aktivitas yang dilakukan guru, dan bagaimana guru mengelola siswa dalam kelas, sehingga pembelajaran lebih efektif.Proses pembelajaran tergantung pada aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Aktivitas belajar merupakan segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas secara sadar yang dilakukan siswa yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifartnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan. Dalam belajar merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran, bertanya hal yang belum jelas, mencatat, mendengar, berfikir, membaca, dan segala kegiatan yang dilakukan dapat menunjang prestasi belajar.
Meningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Materi Penawaran Produk Usaha Rumah Tangga berbasis FACEBOOK di Masa COVID-19 Linda Eryani
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.553 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran ekonomi materi penawaran produk usaha rumah tangga berbasis Facebook di masa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yang biasanya disebut dengan siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yang harus di lalui, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi (Suharsimi, 2009). Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan oleh peneliti sebagai pengamat jalannya proses pembelajaraan di kelas dan guru bertindak sebagai pengajar yang menggunakan Faceebook dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningatkan kualitas praktik pembelajaran secara berkesinambungan. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru tetap melaksanakan pembelajaran selama masa pencegahan Covid-19. Semua guru di Pendidikan Ekonomi SMA Negeri 1 Seluma menyatakan bahwa pembelajaran tetap dilaksanakan secara tatap muka terbatas dan daring dengan memanfaatkan beberapa aplikasi. Hal ini dikarenakan bahwa hampir semua guru dan siswa memiliki aplikasi tersebut dalam smartphone masing-masing. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seluma bisa memanfaatkan aplikasi Facebook sebagai Penawaran Produk Usaha Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid 19. Guru di SMA Negeri 1 Seluma telah memberikan solusi terbaik dalam penawaran barang atau jasa saat ini memanfaatkan media sosial bagi siswa yang benar-benar memiliki jiwa bisnis. Pembelajaran Ekonomi Materi Penawaran Produk Usaha Rumah Tangga Berbasis Facebook tetap menggunakan domain hasil belajar yang diperoleh siswa masing-masing. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan pendidikan bersifat ideal, sedangkan hasil belajar bersifat aktual. Hasil belajar merupakan realisasi tercapainya tujuan pendidikan, sehingga hasil belajar yang diukur sangat tergantung pada tujuan pendidikannya. Hasil belajar perlu dievaluasi. Evaluasi dimaksudkan sebagai cermin untuk melihat kembali apakah tujuan yang ditetapkan telah tercapai dan apakah proses belajar mengajar telah berlangsung efektif untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hasil belajar termasuk komponen pendidikan yang harus disesuaikan dengan tujuan pendidikan, karena hasil belajar diukur untuk mengetahui ketercapaian tujuan pendidikan melalui proses belajar mengajar. Domain hasil belajar adalah perilaku-perilaku kejiwaan yang akan diubah dalam proses pendidikan. Perilaku kejiwaan itu dibagi dalam tiga domain atau ranah, yaitu: hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Penerapan Media Pembelajaran Bianglala pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 4 Srikaton Rini Anggraini; Andriana Sofiarini; Idul Adha
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.01 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 4 Srikaton setelah diterapkan media bianglala secara signifikan tuntas dan aktif. Penelitian yang dilakukan disini adalah jenis penelitian eksperimen berbentuk one group pre-test dan post-test design. Penelitian ini penulis lakukan di SD Negeri 4 Srikaton. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Siswa Kelas III di SD Negeri 4 Srikaton, disini peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada sampel ini merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik tes yang berupa soal, dan observasi. Dengan hasil perhitungan diperoleh (15,24) > (1,64), sehingga dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, artinya media pembelajaran bianglala dapat menuntaskan hasil belajar dan meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 4 Srikaton. Kata kunci: Media, Pembelajaran Matematika, Hasil belajar, Aktivitas Belajar
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Karang Jaya Musi Rawas Utara Cekman
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.902 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI IPS UPT SMA Negeri 5 Musi Rawas Utara. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode deskristif, dengan jumlah subjek 30 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai yang diperoleh pada pra siklus 54,47, siklus I nilai rata-rata 60,37, dan siklus II nilai rata-rata 73,50.