Biolearning Journal
Vol 10 No 2 (2023): Biolearning Journal (Juli 2023)

Efektivitas ekstrak Ulva reticulata pada Pakan dalam Mencegah Serangan bakteri Vibrio harveyi pada Udang Windu (Penaeus monodon)

Nurfitri Rahim (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Dheni Rossarie (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penyakit Vibriosis merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada udang, salah satu agensia penyakit Vibriosis adalah bakteri Vibrio harveyi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas ekstrak Ulva reticulata dalam mencegah serangan bakteri vibrio harveyi pada udang windu.. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Penelitian (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan Perlakuannya dengan mencampurkan ekstrak Ulva reticulata pada pakan komersil dengan dosis A(0 g/kg), B (0,5 g/kg), C (1,0 g/kg) dan D (1,5 g/kg). Hasil Penelitian menunjukkan perlakuan dengan dosis D (1,5 g/kg) memberikan tingkat kelangsungan hidup tertinggi (p<0,05) yaitu 50±5,0% dengan nilai total plate count 2,3 x 104cfu/mL) dan nilai RPS sebesar 40%. Perlakuan D (1,5 g/kg) merupakan dosis terbaik untuk mencegah serangan bakteri Vibrio harveyi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...