Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol 20, No 2 (2023): Mei

Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pelayanan di Universitas Mulia Balikpapan

Sari Rahmawati (Unknown)
Ririn Kusumawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia, Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Universitas Mulia berdasarkan aspek keberwujudan (Tangibles), aspek daya tanggap (Responsiveness), aspek kehandalan (Reliability), aspek empati (Emphaty), dan aspek keyakinan (Assurance). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 di seluruh Universitas Mulia sebanyak 1950. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara propotionate stratified random samplIng. Ukuran sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap. Teknik analisis data menggunakan uji reabilitas dan validitas distribusi frekuensi tiap aspek kepuasan. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Tangibles secara umum memiliki nilai sebesar 70%, 2) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Responsiveness secara umum memiliki nilai sebesar 69,9%, 3) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Realibility secara umum memiliki nilai sebesar 73,2%, 4) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Empathy secara umum memiliki nilai sebesar 73,2%, 5) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Assurance secara umum memiliki nilai sebesar 72,76%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...