HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 39 No 2 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran

PENGEMBANGAN BOARD GAME REOG KENDANG UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA SMP

Sintya Rosemawati (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Restu Dwi Ariyanto (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Santy Andrianie (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self awareness menggunakan board games Reog Kendang. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall dan terdiri dari 10 langkah penelitian, namun dalam pelaksaan penelitian ini, langkah tersebut hanya dilakukan sampai langkah ke-6 yaitu uji coba lapangan. Subjek penelitian meliputi 2 uji ahli materi, 2 ahli media, 2 orang uji pengguna (guru BK) dan 8 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala psikologi self awareness yang dikembangkan melalui uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas memperoleh hasil 31 item pernyataan valid dan uji reabilitas sebesar 0,760 dengan menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data kepada uji ahli menggunakan menggunakan uji interater agreement Gregory dan uji pengguna kepada 8 siswa menggunakan one-group pretest-postest design. Hasil dari persentase uji ahli materi sebesar 0,76, uji ahli media 0,84. Hasil uji pengguna sebesar 0,82 dengan rentang kategori layak digunakan. Dengan demikian board game Reog Kendang dinilai layak digunakan dan dapat diterima secara praktik maupun teoritik sebagai salah satu media bimbingan dan konseling. Kata Kunci: self awareness, permainan papan, reog kendang, kearifan lokal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...