Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 6 (2023): Juni 2023

Analisis Kualitas dan Penerapan Software Quality Assurance pada Aplikasi Mobile Banking menggunakan Model ISO/IEC 9126 (Studi Kasus: BSI Mobile)

Nagata Andy Rizqullah (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Hanifah Muslimah Az-Zahra (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Almira Syawli (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Mobile banking merupakan aplikasi yang membantu aktivitas sehari-hari nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui smartphone. Bank BSI merupakan salah satu bank yang memberikan layanan digital berupa aplikasi yang dikenal dengan BSI Mobile. Dalam pengembangan aplikasi mobile banking, kualitas software menjadi faktor yang sangat penting. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas software adalah model ISO/IEC 9126. Salah satu model SQA yang umum digunakan adalah model kualitas ISO/IEC 9126 yang terdiri dari enam karakteristik kualitas fungsionalitas, efisiensi, keandalan, kegunaan, pemeliharaan, dan portabilitas. Namun pada penelitian ini menggunakan 5 karakteristik yang dilakukan pengujian yaitu fungsionalitas, efisiensi, keandalan, kegunaan, dan portabilitas. Pada karakteristik pemeliharaan peneliti tidak melakukan pengambilan data, baik itu observasi atau wawancara kepada pengembang aplikasi BSI Mobile. Penggunaan model SQA yang tepat dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak dan meminimalkan kesalahan pada pengembangan perangkat lunak. Penelitian ini bertipe non-implementatif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung kepada partisipan penelitian yaitu pengguna BSI Mobile dengan wawancara, pemberian kuisioner, dan pengujian aplikasi BSI Mobile menggunakan software WAPT dan GTMetrix. Dibutuhkan reponden berjumlah 20 orang dengan syarat bahwa responden telah atau sedang menggunakan aplikasi BSI Mobile. Berdasarkan hasil pengujian, BSI Mobile layak atau berhasil memenuhi tiga karakteristik yaitu, fungsionalitas, reliabilitas, dan portabilitas. Sedangkan untuk karakteristik usabilitas dan efisiensi belum berhasil dicapai atau dipenuhi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...