Website Kejati Jatim merupakan sistem informasi resmi Kejaksaan Tinggi Jawa Timur berupa portal resmi yang memuat informasi berita, layanan yang tersedia, dan profil kantor. Berdasarkan observasi, wawancara dengan stakeholder, dan pengalaman peneliti ditemukan permasalahan bahwa website kurang optimal seperti penempatan konten informasi dan navigasi yang belum efektif serta penataan layout yang belum efisien. Selain itu, belum pernah dilakukan evaluasi dan perbaikan website terkait nilai efektivitas dan efisiensi. Berdasarkan permasalahan tersebut, website Kejati Jatim perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan desain tata layout serta navigasi menggunakan metode Human-Centered Design. Tahap evaluasi didasarkan pada skenario tugas yang diselesaikan oleh 15 partisipan menggunakan tree testing yang mencakup tingkat success rate, directness, time spent, first click, dan destination. Hasil evaluasi awal diperoleh persentase rata-rata sebesar 59,8% pada aspek success rate, 28,5% pada aspek directness, 75,6 detik pada aspek time spent, 55,2% pada aspek first click, dan 59,8% pada aspek destination. Perancangan desain solusi dilakukan pengujian card sorting dengan metode closed card sorting guna mengelompokan konten pada navigasi halaman berdasarkan kebutuhan pengguna dengan output berupa sitemap. Hasil evaluasi desain solusi mengalami peningkatan persentase rata-rata dan dianggap telah memenuhi kebutuhan pengguna sebesar 100% pada aspek success rate, 69,4% pada aspek directness, 29 detik pada aspek time spent, 80,8% pada aspek first click, dan 100% pada aspek destination.
Copyrights © 2023