Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Materi dan Bank Soal (Studi pada SMK Negeri 2 Malang)

Iwang Laga Sukma (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Satrio Agung Wicaksono (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Admaja Dwi Herlambang (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2023

Abstract

SMK Negeri 2 Malang menggunakan Moodle sebagai media utama, Google Classroom, Google Drive, dan group chat dalam melakukan distribusi materi dan soal-soal latihan sebagai bahan sumber belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menemukan bahwa pada penggunaan platform Moodle, tidak semua guru mengunggah materi dan soal latihan secara rutin di platform tersebut, sehingga proses arsip dokumen materi dan soal tidak berjalan dengan optimal sehingga Moodle tidak menyimpan seluruh arsip sumber belajar dari berbagai periode. Permasalahan berikutnya yakni navigasi siswa dalam mengakses sumber belajar pada Moodle yang cukup jauh membuat proses pencarian data menjadi cukup lama. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen materi dan bank soal untuk melakukan pengarsipan dokumen materi dan soal-soal latihan dari berbagai periode dalam satu wadah khusus yang dapat diakses guru dan siswa dengan navigasi yang sederhana dan mudah dipahami. Pengembangan sistem menggunakan salah satu metode pada SDLC (Software Development Life Cycle) yakni Spiral Model. Metode ini dipilih karena bersifat adaptif terhadap kebutuhan pengguna dan pembuatan prototipe yang mampu memberikan gambaran jelas terhadap fungsi sistem. Terdapat 3 iterasi pengembangan yang diuji menggunakan Black-Box Testing dengan metode Equivalence Partition. Pengujian iterasi ke-1 dengan jumlah fungsional 34 menghasilkan validitas 100%, iterasi ke-2 dengan jumlah fungsional 15 menghasilkan validitas 100%, dan iterasi ke-3 dengan jumlah fungsional 19 menghasilkan validitas 100%. Pengujian User Acceptance Testing (UAT) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) menunjukkan bahwa sistem informasi menghasilkan rata-rata penerimaan sebesar 82% pada pengguna guru dan 80% pada pengguna siswa. Pada aspek kemudahan pengguna (Ease Of Use) nilai rata-rata yang didapat sebesar 83% pada pengguna guru dan 84% pada pengguna siswa, dengan keterangan masing-masing bahwa sistem sangat mudah untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...