Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi

Pengembangan Sistem Informasi Hasil Evaluasi Belajar Siswa berbasis BOT Telegram menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK Angkasa Mojosari)

Dwi Rizky Cahyo Sudibyo (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Satrio Agung Wicaksono (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Admaja Dwi Herlambang (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2023

Abstract

SMK Angkasa Mojosari merupakan sekolah menengah kejuruan yang mengusung konsep smart school untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas belajar dimana siswa dapat mengakses informasi tanpa batas. Namun SMK Angkasa Mojosari belum memiliki sistem informasi yang dapat menyampaikan hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua secara efektif dan efisien. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi hasil evaluasi belajar berbasis bot Telegram untuk mempercepat dan memudahkan penyampaian hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua (studi kasus SMK Angkasa Mojosari). Rancangan penelitian pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall dengan pendekatan SDLC. Diperoleh 4 kebutuhan melalui tahap analisis kebutuhan. Perancangan dilakukan dengan menggunakan diagram UML (Unified Modeling Language). Framework python-telegram-bot digunakan dalam implementasi hasil perancangan. Tahap pengujian menggunakan black box testing dan user acceptance testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sistem informasi tersebut dapat mengirimkan notifikasi, pesan, dan laporan hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua melalui bot Telegram secara otomatis. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa sistem informasi tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penyampaian hasil evaluasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...