Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi

Perancangan User Interface Portal Lowongan Internship dengan Pendekatan Human Centered Design (HCD) dan User Experience Questionare (UEQ) (Studi Kasus PT Talenta Tumbuh Nusantara)

Hidananta Rifqi Anugrah (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Hanifah Muslimah Az-Zahra (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Almira Syawli (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Sejak tahun 2021, PT Talenta Tumbuh Nusantara telah bermitra dengan 60 lebih perusahaan di seluruh Indonesia, Malaysia, dan Singapura (Finbots, Ayoconnect, Mekari, Reddoorz, H!Cups, Laku6, Atiom, dan lain-lain) dengan total lebih dari 10.000 siswa dan lebih dari 1.600 anggota komunitas. PT Talenta Tumbuh Nusantara berencana untuk mengembangkan sebuah website yang bertujuan untuk memberikan informasi lowongan internship kepada para candidate, dan memfasilitasi hiring partner untuk membuka lowongan internship. CEO PT Talenta Tumbuh Nusantara saat ini membutuhkan sebuah user interface website untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mendaftar internship dan juga hiring partner dalam mengunggah lowongan internship. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diperlukan sebuah perancangan user interface yang diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan dari CEO PT Talenta Tumbuh Nusantara dan juga memberikan kenyamanan pada penggunanya. Tahapan yang digunakan adalah HCD melalui wawancara dengan stakeholder PT Talenta Tumbuh Nusantara dan penggunanya yaitu mahasiswa serta hiring partner yang akan menggunakan website tersebut, selanjutnya dibuat rancangan wireframe dan high-fidelity prototype yang berpedoman pada perancangan user interface menurut Schlatter dan Levinson (2013). Selanjutnya membuat desain solusi berbentuk prototype yang akan dievaluasi menggunakan user interview dan feedback capture matrix, yang melibatkan 6 orang intern dan 4 orang hiring partner, serta 30 responden acak di lingkungan PT Talenta Tumbuh Nusantara untuk evaluasi UEQ. Hasil dari user interview adalah feedback capture matrix sebagai contoh, website perlu diberikan video agar lebih menarik, dan evaluasi berikutnya adalah UEQ yang mana hasil penilaiannya memperoleh hasil positif di setiap skala. Skala daya tarik mempunyai nilai sebesar 2,278, skala kejelasan sebesar 2,117, skala efisiensi sebesar 2,192, skala ketepatan sebesar 2,050, skala stimulasi sebesar 2,183, dan skala kebaruan sebesar 2,008. Dalam grafik benchmark UEQ memperoleh nilai excellent pada setiap skala.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...