KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 9 No 1 (2023): KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

NILAI-NILAI SEJARAH TOPONIMI ANAK SUNGAI MUSI DI SEBERANG ULU 1 PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS DIGITAL

Sukardi Sukardi (Universitas PGRI Palembang)
Eva Dina Chairunisa (Universitas PGRI Palembang)
Refika Purnama Loviaensa (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Teknologi digital dewasa ini memberi pengaruh dan kontribusi yang besar terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi digital yang baik dapat memberikan dampak positif. Poster adalah media publikasi berbasis gambar dan teks. Poster dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum berupa promosi produk, informasi kegiatan, atau informasi yang mendidik masyarakat umum. Rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimana Pengembangan Poster pada Nilai-Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Seberang Ulu I Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan media pembelajaran digital, memberikan daya tarik siswa dalam belajar sejarah lokal supaya tidak membosankan serta menambah pengetahuan tentang sejarah lokal yang ada di Seberang Ulu I Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan dan penelitian (R&D) adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggung jawabkan penelitian ini juga secara sistematis ada kegiatan pokok yang dilakukan yaitu: teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke lokasi penelitian, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan poster pembelajaran sejarah yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, berdasarkan perolehan nilai rata-rata keseluruhan skor aspek dari ketiga validator yaitu pada aspek format tampilan yaitu 83,3%, isi materi 81,1% dan hasil angket siswa terhadap poster di atas 60% sesuai dengan skala presentase hasil tersebut masuk dalam kategori “Layak” digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...