Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023

Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris pada Konsumen Pengguna TikTok Shop di Wilayah Surakarta)

Farah Aqiella Sakinatun (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Soepatini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

ABSTRAK   Tiktok adalah platform jejaring sosial yang saat ini sedang trend di era modern. Tiktok  platform media baru yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan China ByteDance yang awalnya menyediakan platform bagi individu untuk mengekspresikan dan mengasah bakat mereka melalui konten video. Saat ini Tiktok sedang memperkenalkan fitur tambahan yang berguna untuk bisnis online. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorsement dan harga pada minat beli konsumen. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Prosedur pengumpulan data yaitu kuesioner. Populasii penelitian ini terdiri dari pengguna TikTok Shop di wilayah Surakarta. Rumus Slovin digunakan untuk menghitung jumlah sampel yaitu sebanyak 100 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pengambilan sampel secara accidental dan purposive sampling. Smart PLS 3.0 digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini berkontribusi dibidang ecommerce khususnya pada pengguna Tik Tok Shop dengan menyajikan informasi baru dan relevan.   Keywords: Celebrity Endorsement, Harga, Minat Beli     ABSTRACT   Tiktok is a social networking platform that is currently trending in the modern era. Tiktok a new media platform launched in 2016 by Chinese company ByteDance that initially provided a platform for individuals to express and hone their talents through video content. Currently Tiktok is introducing additional features that are useful for online businesses. The purpose of this study was to analyse the effect of Celebrity Endorsement and price on consumer buying interest. This type of research is quantitative. The data collection procedure is a questionnaire. The population of this study consists of TikTok Shop users in the Surakarta area. The Slovin formula was used to calculate the sample size, which was 100 respondents. The sample technique used is non-probability sampling with accidental sampling and purposive sampling. Smart PLS 3.0 was used to analyse the data in this study. The results of this study indicate that celebrity endorsement has a positive and significant effect on consumer buying interest. Price has a positive and significant influence on consumer buying interest. This research contributes to the field of ecommerce, especially for Tik Tok Shop users by presenting new and relevant information.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...