JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Perencanaan Sarana Pembelajaran Di SD Negeri Wilayah 1 Kecamatan Sintuk Toboh Gadang: Perencanaan Sarana Pembelajaran Di SD Negeri Wilayah 1 Kecamatan Sintuk Toboh Gadang

Deli Rahmadani (Unknown)
Lusi Susanti (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis di SD Negeri Wialyah 1 Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui seberapa baik analisis kebutuhan sarana di SD Negeri Wilayah 1 Kecamatan Sintuk Toboh Gadang 2) untuk mengetahui seberapa baik analisis pembiayaan sarana 3) untuk mengetahui seberapa baik analisis skala prioritas dalam sarana pembelajaran. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dengan cara deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Negeri Wilayah 1 Kecamatan Sintuk Toboh Gadang yang berjumlah kepala sekolah berjumlah 17 orang dan guru berjumlah 102 seluruhnya berjumlah 119, maka di tarik sampel di ambil 55 orang di ambil dengan mengggunakan teknik Non probability Sampling. Instrumen peneltian yang digunakan berupa kuesioner dengan model skala likert yag terdiri 36 butir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya dilakukan teknik analisis data dengan menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil pengolahan data menggambarkan bahwa 1) analisis kebutuhan perencanaan sarana pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,01 dengan kategori baik, 2) analisis pembiayaan sarana pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,15 dengan kategori baik, 3) analisis skala prioritas perencanaan sarana pembelajaran skor rata-rata 4,15 dengan kategori baik. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan sarana pembelajaran di SD Negeri Wialyah 1 Kecamatan Sintuk Toboh Gadang sudah baik dengan skor rata- rata 4,10.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...