NISBAH: JURNAL PERBANKAN SYARIAH
Vol. 9 No. 1 (2023): NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah

RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN NASABAH TERDAMPAK COVID-19 TERHADAP KINERJA DAN RISIKO PEMBIAYAAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS)

Soni Prima Nugroho (Otoritas Jasa Keuangan)
Irwan Trinugroho (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh restrukturisasi pembiayaan nasabah terdampak COVID-19 terhadap kinerja dan risiko pembiayaan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) di Surakarta. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi dengan menggunakan data panel dari 8 BPRS di Surakarta selama periode Januari 2020 hingga Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restrukturisasi pembiayaan yang terdampak COVID-19 berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja BPRS. Restrukturisasi pembiayaan yang tidak efektif dapat menurunkan kinerja BPRS. Selain itu, restrukturisasi tidak berpengaruh pada risiko pembiayaan BPR/BPRS. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi BPRS dalam mengambil kebijakan restrukturisasi kredit yang tepat pada nasabah terdampak COVID-19 pada sektor keuangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah is a journal published by the Sharia Banking Study Program. NISBAH is published to support the development of Islamic Banking which will contain articles on Islamic Banking both empirical, theoretical and practical studies. The editor accepts the manuscript with ...