Journal of Early Childhood Education (JECE)
JECE (Journal of Early Childhood Education) | Vol. 5 No. 1 June 2023

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN “LITTLE SCIENTIST” DALAM PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Siti Nur Fadilah (Universitas Negeri Surabaya)
Kartika Rinakit Adhe (Unknown)
Melia Dwi Widayanti (Unknown)
Eka Cahya Maulidiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Kemampuan kognitif dan literasi sains anak sangat penting untuk dioptimalkan dan distimulasi dengan metode yang tepat. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah buku panduan little scientist dalam pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains anak usia 4-5 tahun serta mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari buku panduan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Data berupa penilaian mengenai kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku panduan little scientist diperoleh dengan teknik angket atau kuesioner dan uji coba lapangan. Hasil data yang diperoleh dari uji coba kevalidan dari ahli materi menunjukkan nilai persentase sebesar 97,72% dan hasil perolehan presentase dari ahli media sebesar 98,52% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun penilaian kepraktisan dari  buku panduan little scientist dengan menggunakan ngain score memperoleh nilai rata rata n gain score yang didapat adalah 0,73 berada pada kriteria g > 0,7. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan little scientist memiliki kepraktisan tinggi sehingga buku panduan little scientist cocok digunakan untuk sumber belajar guru dalam pembelajaran literasi sains anak. Selain itu penilaian yang dilakukan untuk menguji keefektifan dengan menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil Asymp Sing (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga P  <  0,05 atau 0.000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh buku panduan little scientist untuk meningkatkan kemampuan literasi sains anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan little scientist dinyatakan memenuhi standar kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam menstimulasi kemampuan literasi sains anak pada usia 4-5 tahun. Pengembangan buku panduan little scientist dapat menjadi inovasi bahan ajar bagi guru TK dalam rangka menstimulasi kemampuan literasi sains anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jece

Publisher

Subject

Religion Education Library & Information Science Nursing

Description

Journal of Early Childhood Education contains of articles that include conceptual ideas studies and application of theories. practitioners writing and research and learning outcomes in Early Childhood Education and Islamic Early Childhood Education. Journal of Early Childhood Education has become a ...