Istighna : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 6, No 2 (2023): Edisi Juli

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KOTA TANGERANG SELATAN

M. Edi Suharsongko (STAI Muslim Asia Afrika)
Aprianif Aprianif (Universitas Cendekia Abditama)
Armai Arif (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Akhmad Shunhaji (Universitas PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isyarat guru dalam Al-Qur’an, mendapatkan rumusan kompetensi kepribadian, memotret konsep kepribadian guru, menemukan peta kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di kota Tangerang Selatan dan strategi pembinaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research) dan lapangan (field research) yang menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Metode Gabungan (Mixed Methods). Adapun objek penelitian ini adalah guru Pendidikan agama Islam di Kota Tangerang Selatan. Data penelitian diperoleh melalui teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis data interaktif yang dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di Kota Tangerang Selatan pada beberapa indikator capaiannya menunjukkan tingkat kompetensi yang rendah, antara lain; kurang berinovasi dalam pembelajaran, kurang mengaktifkan peserta didik, kurang mengembangkan diri, kurang disiplin dalam tugas, tidak menyelesaikan tugas-tugasnya secara tuntas. Peningkatan kualitas kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, antara lain: pembinaan guru pendidikan agama Islam, pembinaan kurikulum pendidikan agama Islam pada pada jenjang  TK, SMP dan SMA/SMK, kerjasama dengan pemerintah kota Tangerang Selatan dalam pengembangan pendidikan agama islam, mengadakan kajian, penelitian dan studi tiru, mengadakan ajang kompetisi siswa, dan guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

istighna

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

his journal emphasizes aspects related to Islamic Education and Islamic thought, with special reference to applied research in Islamic education that can be focused on the components of learning including curriculum, methods, models, psychology, Islamic thought and several issues of Islamic ...