ULUL ALBAB
Vol 16, No 1 (2015): Tafsir and Hadith

PENDIDIKAN PEACE BUILDING DI PESANTREN: SEBUAH UPAYA MENCEGAH RADIKALISASI

Fitriani, Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2015

Abstract

Pondok pesantren menerapkan prinsip tasamuh (toleran), tawasuth wal i’tidal (sederhana), tawazun (penuh pertimbangan) dan ukhuwah (persaudaraan). Peran pesantren sangat strategis dalam mentransformasikan budaya damai melalui pendidikan peace building. Fenomena radikalisme yang berujung pada aksi kekerasan kemungkinan di tahun-tahun mendatang akan terus menjadi ancaman sekaligus tantangan toleransi agama-agama di Indonesia. Karenanya, menghadirkan pemahaman keagamaan anti kekerasan dengan segenap nilai-nilai kearifan pendidikan kepesantrenan barangkali sebuah upaya untuk membangun kesadaran normatif teologis dan juga kesadaran sosial, dimana kita hidup di tengah masyarakat yang plural dari segi agama, budaya, etnis, dan berbagai keragaman sosial lainnya

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ululalbab

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities

Description

ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam (ISSN 1858-4349 and E-ISSN 2442-5249) is the journal published biannually by Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. The journal puts emphasis on aspects related to Islamic studies, with special reference to Islamic law, Islamic education, Islamic ...