Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian, percaya pada kemampuan diri sendiri sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain dan dapat berbuat sesuka hati, senang, optimis dan bertanggung jawab. Keyakinan dan perilaku, perasaan, motivasi batin dan hati nurani untuk melakukan sesuatu dengan itikad baik, pada seseorang yang memahami dirinya dengan baik dan pada seseorang yang dapat menyadari potensi dirinya. Dengan percaya diri, seseorang dapat menghadapi tantangan baru, percaya diri dalam situasi sulit dan mengembangkan sikap positif tanpa mengkhawatirkan situasi dan keadaan yang berbeda. Setiap orang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri terhadap keaktifan belajar siswa melalui konseling individu dengan teknik symbolic modeling di SMK Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, dengan satu subjek dan peneliti akan melakukan penelitian selama 12 sesi. Pada tahap pertama peneliti melakukan 3 kali pertemuan Baseline (A1), pada tahap kedua peneliti melakukan 6 kali pertemuan pada tahap Intervensi (B) dan pada tahap ketiga yaitu pertemuan Baseline (A2).
Copyrights © 2023