Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 3 No 03 (2023): Vol. 3 No. 3 Edisi Agustus 2023

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 083 PIDOLI

Khairatih Lubis (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Reviva Safitri (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Sartika Rati Asmara Nasution (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 083 Pidoli, dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Pembelajaran IPA, sehingga minat dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA diterapkan Model Pembelajaran Team Game Torunament (TGT) pada siswa kelas IV SD Negeri 083 Pidoli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 083 Pidoli. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini  dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Team Game Tournament (TGT) menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran  maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 68,48%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 48%. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 083 Pidoli.   Kata Kunci: Model Team Game Tournament (TGT), Energi dan Perubahannya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...