JGE (Jurnal Geofisika Eksplorasi)
Vol 9, No 2 (2023)

MIKROFASIES DAN DIAGENESIS ANGGOTA BATUGAMPING FORMASI KUANTAN DI NGALAU BASUREK, SUMATERA BARAT, INDONESIA

Angga Jati widiatama (Teknik Geologi, Institut Teknologi Sumatera)
Rezki Naufan Hendrawan (Kelompok Keilmuan Sedimentologi, Stratigrafi, Geodinamik, dan Paleontologi, Institut Teknologi Sumatera)
Sonya Rejeki Siahaan (Pusat Riset dan Inovasi Teknologi Kebumian dan Mineral, Institut Teknologi Sumatera)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Fomasi Kuantan merupakan batuan tertua pada terrane Sumatra Barat yang tersingkap di Ngalau Basurek, Sijunjung, Sumatra Barat. Penelitian tentang  batugamping Formasi Kuantan masih relatif sedikit sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mikrofasies dan diagenesis batugamping Formasi Kuantan. Penelitian dilakukan dengan membuat lintasan geologi disepanjang Goa Ngalau Basurek. Deskripsi petrografi digunakan untuk menentukan mikrofasies, zona fasies, dan diagenesis batugamping. Formasi Kuantan di Ngalau Basurek menunjukkan memiliki empat mikrofasies yaitu  mudstone, coated bioclastic grainstone, peloid grainstone, dan batugamping kristalin yang dikelompokkan ke dalam standar mikro fasies 11. Lingkungan pengendapan Formasi Kuantan berada pada carbonate platform margin sand shoal (FZ 6). Terdapat dua lingkungan diagenesis dari batugamping Formasi Kuantan yaitu lingkungan burial-marine yang ditandai dengan mikrit yang mengalami neomorfisme menjadi sparit dan lingkungan meteoric vadose-phreatic  yang ditandai dengan semen tipe blocky dan drusy yang mengisi rekahan pada batugamping. Lingkungan burial terjadi saat umur Karbon hingga Permian sedangkan lingkungan meteoric terjadi pada umur Trias hingga Kuarter.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geoph

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences

Description

Jurnal Geofisika Eksplorasi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknik Universitas Lampung. Jurnal ini diperuntukkan sebagai sarana untuk publikasi hasil penelitian, artikel review dari peneliti-peneliti di bidang Geofisika secara luas mulai dari topik-topik ...