Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 7 No 1 (2024): Forthcoming (IN PRESS) | Article Research Volume 7 Number 1, January 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Customer Experience Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan SI HARYA (Simpanan Hari Raya) Di PT BPR Artha Tanah Mas Semarang

Aprilia Ana Saputri (Universitas Stikubank Semarang)
Widhian Hardiyanti (Universitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Customer Experience dan Word Of Mouth terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan SI HARYA (Simpanan Hari Raya) di PT BPR Artha Tanah Mas. Penelitian kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan SI HARYA di PT BPR Artha Tanah Mas. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner atau survey dan dianalisis menggunakan analisi korelasi serta analisis regresi linier berganda di bantu oleh SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk, Customer Experience dan Word Of Mouth terhadap Kepuasan Nasabah tabungan SI HARYA di PT BPR Artha Tanah Mas. Tingkat signifikansinya adalah 0,000< 0,05. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh secara persial pada Kualitas Produk dan Word Of Mouth terhadap Kepuasan Nasabah tabungan SI HARYA di PT BPR Artha Tanah Mas. Pada Customer Experience berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan Nasabah tabungan SI HARYA di PT BPR Artha Tanah Mas. Sedangkan pada Kualitas Pelayanan menunjukkan bahwa Kepuasan Nasabah tabungan SI HARYA di PT BPR Artha Tanah Mas tidak terpengaruh sama sekali. Kepuasan Nasabah dipengaruhi oleh variabel Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk, Customer Experience, dan Word Of Mouth dalam uji determinasi.

Copyrights © 2024