DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2021): DUNIA ANAK

Analisis Kesulitan Mengelola Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Pada Guru-Guru SD Negeri 23 Sejelu

Rufina Rosnini (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Gabriel Serani (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Sudarto Sudarto (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui 1) bentuk pengelola pembelajaran, 2) kesulitan mengelola pembelajaran, 3)  upaya atau solusi untuk megatasi kesulitan mengelola pembelajaran selama pandemi covid-19 pada guru-guru SD Negeri 23 Sejelu Kecamatan Ketungau Hulu Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh darihasil observasi,wawancara, dan angket dilapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) bentuk pengelolaan yang dilakukan adalah perencanaan,pelaksanaan,serta evaluasi. bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan metode daring yaitu via SMS dan whatsapp group, dan dengan metode luring dengan bentuk pembelajaran kelas shift model, les privat serta tugas terstruktur. 2) kesulitan mengelola pembelajaran yang di alami oleh guru yaitu guru kurang memahami cara merancang perangkat pembelajaran, guru kurang memahami cara menggunakan aplikasi pada proses pembelajaran daring,akses internet yang terbatas, dan kesulitan memanajemen waktu. 3) upaya atau solusi yang dilakukan adalah guru mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran, bekerjasama dengan kepala sekolah dan orang tua murid untuk meminimalisir kesulitan mengelola pembelajaran.Kata kunci: Mengelola Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di tingkat anak usia dini, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media lain ...