Global Mind Jurnal Imliah Hubungan Internasional
Vol 5, No 1 (2023): Hubungan Internasional

KEAMANAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF STUDI KEAMANAN KRITIS (CRITICAL SECURITY STUDIES) STUDI KASUS “PERANAN ASEAN’S POLITICAL SECURITY COMMUNITY (APSC) DALAM PEMBERANTASAN HUMAN TRAFFICKING”

Diah Apriliani (Prodi Hubungan Internasional Universitas Al-Ghifari, Indonesia)
Taufiq Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Kompleksnya permasalahan perdagangan manusia yang bersifat transnational (global), menyebabkan banyak upaya dan usaha serta kerjasama untuk membasmi kejahatan serius ini yang saat ini tidak hanya menjadi domain nasional. Kerjasama secara regional dan multilateral juga termasuk komponen penting. Hal ini sesuai dengan apa yang dituangkan UN Women bahwa setiap tahunnya tidak kurang dari 225.000 perempuan dan anak-anak diperdagangkan di Asia Tenggara. ASEAN’s Political Security Community (APSC)  dibentuk untuk mencapai solidaritas wilayah dalam menciptakan komunitas negara yang damai, kuat dan akuntabel yang siap menyelesaikan masalah keamanan, termasuk didalamnya masalah pemberantasan perdangan manusia.Namun demikian, pencegahan perdagangan manusia belum terimplementasi secara sukses. Fakta menunjukan bahwa tidak semua negara – negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN’s Political Security Community (APSC) mampu meratifikasi komitmen dalam memerangi perdagangan manusia. Hal ini juga mencerminkan bahwa pada akhirnya APSC masih berupa sebatas ide intelektual yang belum tercipta sebagai implikasi-transformatif apapun.Negara yang seharusnya menjadi benteng utama dalam penanganan kejahatan atau ancaman-ancaman yang menyerang, masih belum bisa menjamin akan kedamaian dan keteanangan warga negaranya. Studi keamanan kritis (Critical Security Studies) ini seharusnya mampu menjadi solusi bagi setiap negara atau organisasi untuk dapat menyelesaikan konflik yang terjadi menggunakan pendekatan studi keamanan yang kritis. Kata Kunci : Human Trafficking,  ASEAN’s Political Security Community, Keamanan Global, Critical Security Studies.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

globalmind

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Global Mind is a journal managed by the International Relations Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Al Ghifari University, Bandung under the guidance of the Al Ghifari University Research and Community Service Institute (LPPM). Thus, the contents of this journal are scientific ...