Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 2 (2023): Article in Press

Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Kimia Materi Kimia Unsur Dengan Pembelajaran Jigsaw Kelas XII IA-1 SMAN 1 Jogorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Ari Pramono (SMA Negeri 1 Jogorogo)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran kimia unsur melalui pembelajaran kooperatif Jigsaw kelas XII IA-1 SMAN 1 Jogorogo tahun pelajaran 2021/2022 dan meningkatkan hasil belajar siswa, materi kimia unsur melalui pembelajaran kooperatif Jigsaw kelas XII IA-1 SMAN 1 Jogorogo tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian adalah pembelajaran Kimia dengan Standar Kompetensi “Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahaya serta terdapatnya di alam”. Sedang subyek penelitian adalah siswa kelas XII IA-1 SMAN 1 Jogorogo semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan: pedoman observasi, catatan kejadian, dan lembaran tes. Dari pelaksanaan penelitian, dan pembahasan, disimpulkan bahwa pembelajaran Kimia dengan metode kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XII IA-1 di SMAN 1 Jogorogo tahun pelajaran 2021/2022 . Pembelajaran Kimia dengan metode kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IA-1 di SMAN 1 Jogorogo tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...