Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 3 (2023): Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Mewujudkan Generasi Pancasila Unggul melalui Pembel

Proses Pembelajaran Siswa Tunanetra Pada Materi Bangun Datar Persegi

Aqmal Hakim (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Dwiyanti Suriani (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Selvia Nuraini (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Desita Dwi Ramadhani (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Jumain Jumain (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Rahma Adya Pinastika (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Yan Ayu Lintang Sagita (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Ikmawati Ikmawati (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa tunanetra pada materi bangun datar persegi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa tunanetra kelas VII dan dua guru di SLB Negeri Samarinda. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi persegi. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan utama sebagai berikut. Pada kegiatan awal, guru membuka pelajaran dengan berdoa dan bernyanyi bersama, serta memberikan apersepsi mengenai materi sebelumnya yang berkaitan dengan persegi. Pada kegiatan inti, guru menjelaskan materi persegi dengan menggunakan buku Braille dan memberikan contoh konkret penggunaan persegi, seperti bentuk meja. Pada kegiatan penutup, guru memberikan evaluasi terhadap materi yang diberikan dan refleksi kepada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...