Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 3 (2023): Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Mewujudkan Generasi Pancasila Unggul melalui Pembel

Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Maya Renanda (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Kukuh Kukuh (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Asyril Asyril (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena mengingat pentingnya peranan manajemen kelas agar hasil belajar siswa dapat optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data manajemen kelas sebanyak 30 pernyataan, serta tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk memperoleh data hasil belajar matematika.. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh rata-rata skor variabel manajemen kelas adalah 37,54; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 48,75. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa manajemen kelas memiliki pengaruh tehadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Adapun sebesar 51,4% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh model hubungan liniernya dengan variabel manajemen kelas dalam model regresi dugaan yang diperoleh. Dengan demikian, terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...